Minggu, 09 November 2008

Silabus Bahasa Indonesia/KUI Fak. Syariah

Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
Program Studi : Keuangan Islam
Fakultas : Syari’ah
Semester : 1
Bobot : 2 SKS
Standar Kompetensi : Mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam ragam tulis ataupun lisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pengampu : Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum.

(1)
Kompetensi Dasar Mahasiswa memahami sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia
Materi Pokok Sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia
Metode Pembelajaran Ceramah, diskusi, tanya jawab
Indikator Mahasiswa mampu menunjukkan pengetahuan yang memadai tentang sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia serta menunjukkan kebanggaan mereka terhadap bahasa Indonesia
Alokasi Waktu 90 menit

(2)
Mahasiswa mema-hami berbagai ragam bahasa Indonesia
a. Ragam lisan dan ciri-cirinya
b. Ragam tulis dan ciri-cirinya
c. Ragam bahasa berdasarkan penutur, pemakaian, tingkat pendidikan, dll.
d. Karakteristik bahasa Indonesia ragam ilmiah
Ceramah, diskusi, tanya jawab
Mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan ragam bahasa beserta ciri-cirinya, khususnya ragam ilmiah

(3)
Mahasiswa memahami membaca kritis untuk menulis
a. Membaca dan jenis-jenisnya
b. Membaca kritis ilmiah
c. Membaca kritis tulisan populer
d. Membaca kritis buku ilmiah
e. Mengakses dan memanfaatkan informasi
Ceramah, diskusi, praktik
Mahasiswa mampu membaca kritis berbagai ragam wacana untuk keperluan menulis ilmiah.
180 menit

(4)
Mahasiswa memahami untuk menulis akademik
a. Tulisan akademik dan jenis-jenisnya
b. kriteria karya tulis akademik
c. Langkah-langkah penulisan karya tulis akademik
d. Menulis karya tulis akademik
e. Menyunting karya tulis akademik
f. Memperbaiki karya tulis akademik berdasarkan suntingan
Ceramah, praktik
Mahasiswa mampu menerap-kan kriteria penulisan karya ilmiah dalam menyusun dan menyunting berbagai bentuk karya ilmiah (makalah, artikel, dan laporan)
180 menit

(5)
Mahasiswa memahami untuk menulis proposal
a. Jenis-jenis proposal
b. Kelengkapan proposal
c. Langkah-langkah penulisan proposal
d. Menulis proposal
e. Menyunting proposal
f. Memperbaiki proposal berdasarkan suntingan
Ceramah, praktik
Mahasiswa mampu menerapkan kriteria penulisan proposal untuk menghasilkan proposal yang bermutu
180 menit

(6)
Mahasiswa mema-hami presentasi ilmiah
a. Pengertian presentasi ilmiah
b. Tata cara dan etika presentasi ilmiah
c. Menyiapkan bahan presentasi ilmiah dengan memanfaatkan multimedia
d. Pelaksanaan presentasi ilmiah
Ceramah, diskusi, praktik
Mahasiswa mampu menyajikan karya ilmiah yang ditulisnya di depan forum sesuai dengan kriteria presentasi yang baik
180 menit

(7)
Mahasiswa memahami berbagai teks pidato
a. Tata cara dan etika berpidato
b. Menulis naskah pidato
c. Menyunting naskah pidato
d. Memperbaiki naskah pidato berdasarkan suntingan
e. Menyampaikan pidato berdasarkan naskah pidato yang telah ditulis
Diskusi, praktik
Mahasiswa mampu menyusun teks pidato dan menyam-paikannya sesuai dengan kriteria teks serta dapat berpidato yang baik
180 menit


Sumber/Referensi

a. Arifin, E.Z. dan Amran Tasai. 1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

b. Moeliono, Anton M. (Penyunting). 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudaya-an.

c. Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.

d. Partao, Zainal A.N. dan Tutus Maharani. 2004. Sukses Menggolkan Proposal. Jakarta: Grasindo.

e. Pranowo dkk. 1996. Teknik Menulis Makalah Seminar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

f. Presetya, Darju. 2005. Rahasia Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Diglossia.

g. Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Retorika Modern. Bandung: Rosda

h. Sugihastuti. 2000. Bahasa Laporan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

i. Sugono, Dendy. 1991. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Priastu.

Tidak ada komentar: